MENGAPA PEMIMPIN BAIK MEMILIH TEAM BUILDING?

Mengapa pemimpin yang baik memilih team building ? Perlu memperbaiki strategi kepemimpinan lama anda yang sama ditempat kerja? Mengapa tidak membuat latihan melelahkan ini menyenangkan dengan melakukan team building?
Strategi kepemimpinan dapat sangat bervariasi tergantung pada situasi, namun semuanya dapat sangat mempengaruhi visi dan arah pertumbuhan perusahaan Anda. Keberhasilan potensial terletak di tangan para pemimpin Anda. Penting bagi mereka yang berada dalam posisi kepemimpinan untuk memiliki visi yang jelas bagi tim mereka, dan memiliki rencana strategis dapat memainkan peran besar dalam hal itu. Dengan kata lain, rencana kepemimpinan strategis tidak akan lengkap tanpa melibatkan team building. Tim Anda adalah masa depan Anda; Dengan demikian para pemimpin harus memahami bagaimana membangun tim dapat membantu membangun masa depan yang lebih baik. 

1. CIPTAKAN MOTIVASI

Pemimpin tidak hanya perlu merasa termotivasi, namun perlu dipersiapkan untuk memotivasi orang lain. Tidak ada yang mendorong motivasi di tempat kerja lebih baik daripada tim Anda yang memiliki pemahaman yang jelas tentang misi atau visi mereka. Ditantang, dan perasaan keseluruhan menjadi bagian dari tim sukses dan tepercaya yang hadir dengan menyelesaikan tantangan, meningkatkan motivasi lebih jauh lagi. Pemimpin yang memfasilitasi pembentukan tim mendorong semua ini, dan memberi semua orang yang terlibat kesempatan untuk merasa dihargai atas bakat masing-masing. Apa yang bisa lebih memberdayakan?

2. MEMBANGUN KOMUNIKASI YANG LEBIH BAIK

Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan seorang pemimpin adalah membina komunikasi antara anggota tim mereka. Entah itu dalam bentuk mediasi perselisihan, atau memastikan suara semua orang terdengar, penting bagi seorang pemimpin untuk memastikan jalur komunikasi menjadi jelas. Kegiatan dan permainan tim mendorong diskusi, perdebatan ramah dan membuka dasar gagasan dan kontribusi tim untuk tumpah. Setiap orang yang terlibat merasa nyaman untuk berbicara selama kegiatan bersahabat ini, dan ada begitu banyak pilihan dari!

3. BANGUN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH YANG LEBIH BAIK

Pemimpin sering berakhir dalam peran pemecah masalah. Meskipun ini adalah keterampilan penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki, penting juga untuk mengenali dan memperkuat kemampuan memecahkan masalah dalam tim Anda. Pembentukan tim memungkinkan tim untuk mencari solusi yang mungkin untuk memecahkan masalah, membuat keputusan, bereksperimen dengan berbagai cara dan saling memberi umpan balik yang bermanfaat. Mereka dengan cepat belajar agar sukses sebagai tim mereka harus bekerja sama. Keterampilan ini mudah dipindahtangankan ke situasi apa pun yang mereka temukan di depan!

4. BUKA SOCIAL GATES

Pemimpin yang kuat akan mengenali peran yang dimainkan obligasi sosial dalam efektivitas tim. Sederhananya: orang yang saling menyukai akan bekerja lebih baik bersama. Hambatan dipecah dan dinding kepercayaan baru dibangun. Saat Anda menjadi tuan rumah sebuah acara membangun tim, tim dapat saling belajar satu sama lain melalui kekuatan bermain. Anda ingin tim Anda merasa nyaman satu sama lain dan bisa saling belajar   satu sama lain. Mampu mensosialisasikan dan menghargai tim Anda sama pentingnya dengan menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan akan bisa dilakukan lebih baik oleh tim yang bersenang-senang bersama !

5. PELAJARI CARA-CARA STRATEGIS UNTUK MEMANFAATKAN KEKUATAN TIM ANDA

Membangun tim memungkinkan setiap anggota untuk belajar lebih banyak tentang satu sama lain dan diri mereka sendiri. Tim yang bagus terdiri dari orang-orang introvert, ekstrovert dan kepribadian dan kekuatan yang berbeda. Belajar bagaimana menggunakan pengetahuan ini adalah kunci lain untuk menjadi pemimpin tim yang sukses. Kegiatan yang berbeda memberi tim kesempatan untuk berpikir, bertindak, atau bereksperimen dengan pilihan yang berbeda tentang bagaimana mencapai tujuan. Pemimpin dapat memanfaatkan waktu ini untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan kekuatan, yang dapat ditransfer ke proyek terkait pekerjaan.

MELALUI KEKUATAN PEMIMPIN BERMAIN DAPAT MEMBANTU MENCIPTAKAN TIM YANG TERMOTIVASI, DENGAN KOMUNIKASI YANG LEBIH BAIK, SALING PERCAYA DAN MAMPU MEMECAHKAN MASALAH SECARA STRATEGIS DAN BEKERJA SAMA.

MENGAPA TIDAK MEMIMPIN TIM KAMI MELALUI PERMAINAN? MAUKAH KAMU BERMAIN UNTUK MASA DEPANMU?


Sumber : Teambonding